Founders, pernah pakai platform Halodoc?
Platform yang dapat membantu kamu bertemu dengan dokter sekaligus memesan obat secara daring ini, sukses menjadi startup dengan total perolehan pendanaan senilai US$ 245 juta.
Jonathan Sudharta, Founder Halodoc, kiranya menjadi salah satu alasan mengapa startup ini bisa sukses seperti saat ini.
Memiliki pengalaman sebagai sales obat dan punya jejaring ke perusahaan farmasi keluarganya, tak mengagetkan apabila founder Halodoc begitu fit dengan industri kesehatan.
Apa itu Founder Market Fit dan Seberapa Pentingnya bagi Startup Early Stage
Menurut Convergence Ventures, founder market fit adalah kondisi dimana profile sebuah tim yang menjalankan bisnis sesuai dengan produk dan market yang mereka tuju.
Para investor tahap awal, biasanya melihat dua hal ketika berinvestasi pada startup early stage, yakni profile founder dan potensi market.
Profile founder yang memenuhi kondisi founder market fit akan lebih mudah dalam mencari customer dan lebih semangat menjalankan bisnis sehingga dapat meningkatkan probabilitas keberhasilan.
3 Hal yang Berkontribusi terhadap Founder-Market Fit
1. Pengalaman
Founder yang memiliki pengalaman pada bisnis ditentukan dari berapa lama para founder bekerja, prestasi, sampai jejaring yang dimiliki. Semakin berpengalaman semakin ia lebih mudah identifikasi kebutuhan market dengan akurat.
2. Passionate
Passionate bisa dilihat dari seberapa besar para founder mencintai bisnis yang sedang dijalankan saat ini. Hal ini bisa menentukan seberapa tinggi kemampuan resilience dan determinasi pada bisnis yang dijalankan.
3. Kompetensi
Kompetensi merepresentasikan kemampuan founder untuk dapat menciptakan produk dan layanan yang berkualitas. Produk yang lebih baik, misal lebih cepat, lebih berkualitas, lebih murah, akan dapat direalisasikan oleh founding tim yang memiliki kompetensi.
Reference: Bisnis.com | Crunchbase | Techinasia |Nfx.com