5 Tips Mudah Bangun Core Values untuk Perusahaanmu

Bagikan artikel ini

Banyak perusahaan bisnis yang terhambat perkembangannya karena tidak memiliki core values/nilai inti.Core value sendiri merupakan serangkaian prinsip dasar yang sangat penting karena merepresentasikan sebuah perusahaan. 

Banyak perusahaan bisnis yang terhambat perkembangannya karena tidak memiliki core values/nilai inti.Core value sendiri merupakan serangkaian prinsip dasar yang sangat penting karena merepresentasikan sebuah perusahaan. 

Teamwork | Gambar oleh fauxels

Perusahaan yang memiliki core values yang jelas, mampu menarik orang-orang yang memiliki value yang sama dan mengkurasi orang-orang yang tidak memiliki value yang sama dengan perusahaan. 

Untuk menemukan core values perusahaan yang kamu miliki, ada beberapa langkah yang harus dilakukan: 

  1. Kamu bisa minta setiap anggota tim untuk menuliskan tiga nama orang yang jika digandakan dapat membantu pertumbuhan perusahaan. Setelah menuliskan nama, tempelkan semua nama tersebut. 
  2. Setelah melihat nama-nama yang ada, catat daftar karakteristik orang-orang tersebut berdasarkan beberapa pertanyaan berikut: 
    • Apa saja kualitas yang mereka tunjukkan?
    • Apa yang mereka lakukan sehingga membuat mereka masuk dalam daftar tersebut?
  3. Setelah mengkurasi nilai berdasarkan pertanyaan yang diajukan di atas, perkecil kembali values dengan melingkari bagian yang benar-benar penting, garis bawahi yang tidak penting, dan gabungkan yang tidak jauh berbeda. 
  4. Terakhir, diskusikan dengan tim values yang telah dikurasi dengan menentukan 3-7 nilai yang benar-benar dapat merepresentasikan identitas perusahaan.

Ada beberapa contoh core values, yang dapat menjadi referensi:

  1. McKinley
    • Can do
    • Gumby™
    • Service
    •  Results
    •  Adroit
  1. Schechter Wealth Strategies
    • Clients’ needs first—always
    •  A complete “WOW” experience
    •  A special place to be
    •  Cutting-edge knowledge—we are the experts
  1. Zoup! Fresh Soup Company
    • Action-oriented
    • “Can Do” attitude
    • No jerks
    • Open and honest
    • Passion for the brand

Referensi:
Wickman, G. (2012). Traction: Get a grip on your business. BenBella Books, Inc..

Artikel Lainnya